EFEKTIVITAS MEDIA SIMULASI PHET DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN SD KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.46306/jpee.v4i1.119Keywords:
Efektivitas media, Simulasi PhET, pembelajaran MatematikaAbstract
ABSTRAK
Perkembangan teknologi digital terhadap globalisasi dapat berdampak baik. Simulasi PhET bersifat animasi dan interaktif juga menyenangkan seperti permainan yang memungkinkan siswa untuk bereksplorasi sambil belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penggunaan media digital untuk menentukan faktor-faktor yang menghambat hasil belajar siswa serta untuk mengetahui pengaruh media PhET pada hasil belajar peserta didik dalam bentuk pecahan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, sedangkan model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model eksperimen. Penelitian ini dilakukan di 3 sekolah dasar. Hasil penelitian di 3 sekolah yaitu pertama di SD Negeri Planjan 02 hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Z hitung sebesar -3,078 dan nilai Asym.Sig sebesar 0,002 < 0,05 serta uji N Gain Score sebesar 0,506 atau 51% maka dapat disimpulkan bahwa media PhET dapat meningkatkan. Kedua di SD Negeri Planjan 01 menunjukkan nilai -t hitung < -t tabel atau t hitung > t tabel (-7,024 < -2,078 atau 7,024 > 2,078) serta uji N Gain Score sebesar 0,538 atau 54% maka dapat disimpulkan bahwa media PhET dapat meningkatkan. Ketiga, SD Negeri Gombolharjo 01 menunjukkan nilai -t hitung < -t tabel atau t hitung > t tabel (-8,967< -2,063 atau 8,967 > 2,063) dan uji N Gain Score sebesar 0,547 atau 54%, sehingga dapat disimpulkan bahwa media PhET dapat meningkatkan pemahaman materi pecahan setara dengan peningkatan rata-rata siswa yang sedang.
Kata kunci: Efektivitas media, Simulasi PhET, pembelajaran Matematika
Downloads
References
Alam, Y., Putra, F. N., & Sholichin, R. (2021). Pengaruh Simulasi PhET (Physic Education and Tecnology) Terhadap Kualitas dan Hasil Belajar. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(1), 225–231.
Ibrahim, F., Hendrawan, B., & Sunanih, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran PACAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 102–108. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1192
Kosidah. (2024). wawanacara pembelajaran matematika materi pecahan .
Lelu Ngongo, V., Hidayat, T., Wiyanto, dan, Xaverius, S., Alam, P., & Sugihan, M. (2019). PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL.
Listiyoningrum, W., Roshayanti, F., Widayati, L., & Zuhri, M. S. (2024). Penggunaan Media Interaktif Phet Colorado dalam Pembelajaran Pecahan Kelas IV SDN Tambakrejo 01 Semarang. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1337
Martanti, N., Malika, E. R., & Setyaningsih, A. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Eksperimen Virtual Menggunakan Simulasi PhET Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Karangangar Tahun Ajaran 2020/2021. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 83–92.
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. JURNAL PENDIDIKAN Dan KONSELING, 3(Volume 3 Nomor 1 Tahun 2021 Halaman 101-109), 3.
Siswondo, R., & Agustina, L. (2021). Penerapan strategi pembelajaran ekspositori untuk mencapai tujuan pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 33–40.
Sylviani, S., Permana, F. C., & Utomo, R. G. (2020). PHET Simulation sebagai Alat Bantu Siswa Sekolah Dasar dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Matematika. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i1.25184
Yahdiyan, K. F., Oktini, D. R., & Moch. Malik Akbar Rohandi. (2023). Pengaruh Harga Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen. Bandung Conference Series: Business and Management, 3(1), 458–468. https://doi.org/10.29313/bcsbm.v3i1.6913
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abdullah Ridlo, Ulil Albab, Nisa Islami, Atika Masikhotul Khusna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.