Peningkatan hasil belajar Gerak lokomotor dengan pendekatan bermain siswa sekolah dasar kelas 1 SD Tahfidz griya qurany

Authors

  • Faridatul ‘Ala Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Juli Candra Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Apriyanti Rahmalia Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Lukman Hakim Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.46306/jpee.v4i2.159

Keywords:

Method Through Play Approach

Abstract

Improvement of locomotor movement learning outcomes with a play approach for grade 1 elementary school students of SD Tahfidz Griya Qurany. Thesis. Faculty of Education. Bhayangkara University, Greater Jakarta. The researcher aims to improve the learning outcomes of locomotor movements (walking, running, jumping) of grade I students of SD Tahfidz Griya Qurany, Bekasi Regency, by using a play approach. The research method used is the Action Research method, Action research uses cycles, where each cycle has systematic steps consisting of action planning, implementation, observation and reflection. Based on the results of the research on classroom actions that have been carried out in 2 (two) cycles in this study, it can be concluded that: 1. The application of the play approach can improve the locomotor movement ability of students. 2. The data on the completeness of locomotor motion learning in the first cycle of the first meeting reached 33.33% and in the second meeting reached 41.67%. Meanwhile, in the second cycle, the first meeting reached 50% and in the second meeting, it reached 95.83%. 3. The application of the play approach can improve the learning outcomes of locomotor movements in grade I students of SD Tahfidz Griya Qurany for the 2024/2025 school year

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alif, M. N., and E. Sudirjo. 2019. Filsafat Pendidikan Jasmani. books.google.com.

Aqib, Z., and M. Chotibuddin. 2018. Teori Dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas:(PTK). books.google.com.

Ariyanto, A., A. Triansyah, and U. Gustian. 2020. “Penggunaan Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Fundamental Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Jasmani

Candra, J. 2018. “Peningkatan Hasil Belajar Gerak Lokomotor Dengan Pola Pendekatan Bermain Sd Al Hanief Kota Bekasi.” Jendela Olahraga.

Candra, J., and R. Wijaya. 2022. “pendampingan dan peningkatan gerak lokomotor Dengan mengunakan teknologi light emitting didor (led) pada siswa sekolah” Prosiding Seminar Nasional Pengabdian

Darman, R. A. 2020. Belajar Dan Pembelajaran. books.google.com.

Derman, A., and D. Suryana. 2022. “Pengaruh Permain Pacu Ban Bekas Terhadap Kemampuan Gerak Lokomotor Anak Di Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Pendidikan Tambusai.

Dike, I. M., M. F. P. Putra, and Y. Wandik. n.d. “Gerak Dasar Dan Permainan Tradisional.” Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani

Dini, JPAU. 2021. “Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor Anak Melalui Modifikasi Seni Tradisional Burok.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Fajarwati, A., and I. Arini. 2023. “Model Pembelajaran Berbasis Lokomotor Dalam Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun.” Journal of Education Research.

Festiawan, R. 2020. “Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran.” Universitas Jenderal Soedirman.

Fitriana, A. E., R. Iqbal, and R. R. Julianti. 2020. “Implementasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kurikulum 2013 Di SMAN 1 Jasinga.” Jurnal Literasi Olahraga.

Gunadi, D. 2018. “Peran Olahraga Dan Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Karakter.” Jurnal Ilmiah Spirit.

Hambali, H., S. Tularsih, and M. Mursinah. 2022. “upaya meningkatkan keterampilan gerak lokomotor melalui permainan tradisional ‘engklek’ pada anak usia 4-5 tahun cermin: Jurnal Penelitian.

Hasanuddin, M. I., and M. I. Hasanuddin. 2020. Model Pendekatan Bermain Pada Peningkatan Kesegaran Jasmani Sekolah Dasar. books.google.com.

Iswanto, A., and E. Widayati. 2021. “Pembelajaran Pendidikan Jasmani Yang Efektif Dan Berkualitas.” MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga.

Iyakrus, I. 2018. “Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Prestasi.” Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan.

Jannah, D. M., M. T. Hidayat, M. Ibrahim, and S. Kasiyun. 2021. “Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu.

Junaedi, I. 2019. “Proses Pembelajaran Yang Efektif.” JISAMAR (Journal of Information System Kiram, P. H. Y. 2019. Belajar Keterampilan Motorik. books.google.com.

Moerianto, E. 2018. “pengaruh metode permainan dan minat terhadap hasil belajar keterampilan gerak dasar lari.”

Muslihin, H. Y. 2020. “Bagaimana Mengajarkan Gerak Lokomotor Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Paud Agapedia.

Mustafa, P. S. 2022. “Peran Pendidikan Jasmani Untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.

Mustafa, P. S., and S. Sugiharto. 2020. “Keterampilan Motorik Pada Pendidikan Jasmani Meningkatkan Pembelajaran Gerak Seumur Hidup.” Sporta Saintika.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

‘Ala, F. ., Candra, J. ., Rahmalia, A. ., & Hakim, L. . (2025). Peningkatan hasil belajar Gerak lokomotor dengan pendekatan bermain siswa sekolah dasar kelas 1 SD Tahfidz griya qurany. Journal of Professional Elementary Education, 4(2), 233–241. https://doi.org/10.46306/jpee.v4i2.159