Analisis Peran Guru Dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Sosial Di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Aldi Prasetyo Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Ulil Albab Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.46306/jpee.v4i2.168

Keywords:

The Role of Teachers, Learning, Social-Based Learning.

Abstract

Social skills are skills that are highly needed by individuals. These skills can be developed through formal education such as Madrasah Ibtidaiya (MI). Teachers play a very important role in designing learning to support the development of students' social skills. This study aims to analyze the role of teachers in social-based learning processes. The method used by the researcher is qualitative with a case study approach. The research was conducted at MI Darul Hikmah Bantarsoka. The researcher collected data through observation, interviews, and documentation. The data analysis technique used by the researcher is the Miles and Huberman model: data reduction, presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that teachers in social-based learning have two roles. The first role is as a provider of verbal instructions, and the second is as a role model for students.

 

 

ABSTRAK

Keterampilan sosial merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan seseorang. Keterampilan tersebut dapat ditumbuhkan melalui pendidikan formal seperti Madrasah Ibtidaiya (MI). Guru memiliki peranan yang sangat penting dalam mendesain pembelajaran untuk mendukung pengembangan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam proses pembelajaran berbasis sosial. Metode yang peneliti gunakan yaitu kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian dilakukan di MI Darul Hikmah Bantarsoka. Peneliti mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan yaitu model Miles dan Huberman: reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru dalam pembelajaran berbasis sosial memiliki dua peran. Peran pertama yaitu sebagai pemberi instruksi verbal, kedua yaitu sebagai role model bagi siswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliim, T. F., & Darwis, R. S. (2024). Membangun Karakter untuk Mengatasi Kenakalan Remaja melalui Pendidikan dengan Pendekatan Teori Ekologi Bronfenbrenner. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 6(1), 50–58. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jkrk.v6i1.53285

Anastasya, I. G. A. M. B., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa SD Melalui Pembiasaan Tri Hita Karana. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(3), 992–1002. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3084

Asdhar, H. J., & Yoenanto, N. H. (2024). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Sosio-Emosional terhadap Pencapaian Belajar pada Siswa Sekolah Dasar: A Literature Review. Maharsi: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sosiologi, 6(3), 115–125. https://doi.org/https://doi.org/10.33503/maharsi.v6i3.29

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Prentice-Hall Inc.

Celik, I., Gedrimiene, E., Siklander, S., & Muukkonen, H. (2024). The affordances of artificial intelligence-based tools for supporting 21st-century skills: A systematic review of empirical research in higher education. Australasian Journal of Educational Technology, 40(3), 19–38. https://doi.org/https://doi.org/10.14742/ajet.9069

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In Sage Publications (5th ed.). Sage Publications.

Junita, E. R., Karolina, A., & Idris, M. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dalam Membentuk Sikap Sosial Peserta Didik Pendidikan Agama Islam di Sd Negeri 02 Rejang Lebong. Jurnal Literasiologi, 9(4). https://doi.org/: https://doi.org/10.47783/literasiologi.v9i4.541

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis (2nd ed.). Sage Publications.

Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (36th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, S., Basuki, H., & Prabowo, H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Mixed Method (2nd ed.). PT Raja Grafindo Persada.

Nurlaili, F., Marseli, J. R., Amin, S. L., & Gusmana, I. (2025). Peran Guru PGMI Dalam Membentuk Karakter Sosial Siswa Melalui Pembelajaran IPS Di Kelas V MIN 1 Rokan Hulu. Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 197–204. https://doi.org/https://doi.org/10.70437/edusiana.v3i1.1209

Purwanti, E., Maisaroh, I., & Jannah, M. (2024). Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Kontekstual dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Kartika: Jurnal Studi Keislaman, 4(2), 253–270. https://doi.org/https://doi.org/10.59240/kjsk.v4i2.81

Putri, W., Kurniawan, M. A., & Nuraini, N. (2024). Peran guru dalam membentuk karakter siswa:(Studi kasus di MI Al-Khoeriyah Bogor). Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(4), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.37329/metta.v4i4.3617

Sartika, M., Hartono, M. O., & Yarni, L. (2025). Teori Belajar Humanistik. Invention: Journal Research and Education Studies, 613–627. https://doi.org/https://doi.org/10.51178/invention.v6i2.2705

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta CV.

Vygotsky, L. (2012). Thought and Language (Edit and translated by Eugenia Hanfmann, Gerdrude Vakar, dan Alex Kozulin). The MIT Press.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Prasetyo, A., & Albab, U. . (2025). Analisis Peran Guru Dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Sosial Di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Professional Elementary Education, 4(2), 263–270. https://doi.org/10.46306/jpee.v4i2.168