MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK: LITERATURE REVIEW

Authors

  • Halimatus Sa’diyah Universitas Bina Bangsa
  • Robitotul Islamiah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Laksmi Evasufi Widi Fajari Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.46306/jpee.v1i2.19

Keywords:

Berpikir kritis, Diskusi kelompok, Pembelajaran, Critical thinking, Group discussion, Learning, Method

Abstract

This article is a literature review study that aims to determine the importance of applying the group discussion method in improving students critical thinking skills. Students' critical thinking skills must be developed in the learning process by applying various learning methods that are able to support students' reasoning thinking processes, one of which is the group discussion method. The application of the group discussion method requires students to think analytically and scientifically, as well as encourage opinion polls. The purpose of this article review is to describe the application of the group discussion learning method and the characteristics of students' critical thinking skills. The steps that can be applied in using the group discussion method in the learning process in improving critical thinking skills include: 1) Delivering the introduction, objectives, and setting settings, 2) Directing the discussion, 3) Organizing a discussion, 4) Ending the discussion, 5) Doing question and answer

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwasilah, C. (2009). Contextual Teaching & Learning (Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna). Bandung: MLC

Ahmad, M., Tambak, S., Siwal. (2018). Peneparan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid pada Pelajaran Fiqh. Jurnal Al-Hikmah, 15(1), 60-79

Anggrani, A. (2013). Pelaksanaan Metode Diskusi Kelompok Kecil Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-4 Pada Materi Masalah-Masalah Yang Dihadapi Pemerintah di Bidang Ekonomi Di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(3), 1-17

Ariesti, N. M. (2021). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas IV SD Negeri 36 Mataram. Jurnal Ilmiah Sangkareang Mataram, 8(1), 11-22.

Aswat, H. (2019). Efektivitas Pelaksanaan Metode Diskusi Kelompok Terpusat (Focus Group Discussion) Terhadap Motivasi Belajar IPS Murid Kelas II SD Negeri II Bone-Bone Kota Baubau. PERNIK Jurnal PAUD, 2(2), 134-160.

Budianti, Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Menggunakan Model Cooperative Tipe Group Investigation pada Siswa Kelas V SD Negeri Harapan Jaya 1 Bekasi Utara. PEDAGOGIK, VI(1), 1-8.

Dewi, D. M. R. (2020). Mengefektifkan Model Small Group Discussion (Diskusi Kelompok kecil) Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Agama Hindu Peserta Didik Kelas IV Semester Dua Tahun Pelajaran 2018/2019 di SD Negeri 7 Mataram. Jurnal dan Pendidikan Ilmu Sosial, 4(2), 30-39.

Eggen, Paul & Kauchack, Don. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: PT. Indeks.

Harahap, A. G., Rahmansyah, H., Hasibuan, S. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Siswa di SD Negeri 100950 Tolong. JIPDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(3), 117-122.

Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 57-63.

Herlina, T., Prapti, T. D., Murni, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa SD Melalui Metode Diskusi Kelompok. Journal of Elementary Education, 02(2), 62-73.

Istikomah, N., Relmasira, S. C., Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Discovery Learning pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 6(3), 130-138.

Juniati, E. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Drill dan Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas VI SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7( 3), 283-291.

King, Laura A. (2012). Pisikologi Umum Sebuah Pandangan Apresiatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Kosasih, E. (2012). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Upi Press.

Lau, J.Y.F. (2011). An Introduction to Critical Thinking and Creativity. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Lamajau, E. (2017). Peningkatan Kemampuan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN Sampaka Kec. Bualemo Kab. Banggai melalui Metode Diskusi Kelompok. Jurnal Kreatif Online, 5(1), 201-211.

Lubis, Z. (2018). Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 4(2), 491-496.

Malik, J. (2019). Penerapan Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Aktivitas Siswa Kelas IV SD I Sidorekso pada Materi Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya. REFLEKSI EDUKATIKA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 128-133.

Miasari, N. M. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Kecil pada Siswa Kelas VI Semester II SD Negeri 2 Peguyangan Tahun Pelajaran 2016/2017. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 59-70.

Mulyati, S. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Diskusi Berbantuan Media Bagan Pecahan di Kelas III SDN Kalisari 1. Jurnal Pendas, 3(1), 13-19.

Musa, N. M. I. (2017). Melalui Metode Diskusi Kelompok dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Matematika Materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) di Kelas IV SD Unggul Lampeuneurut Kabupaten Aceh Besar. JURNAL PESONA DASAR, 5(2), 78-92.

Purwanto, E., Ramly, L. N., Nugroho, A. (2014). Model Inquiri Sebagai Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis Siwa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 7 Yogyakarta Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Pelita, IX(1), 49-61.

Rustini, T., & Tjandra, F. (2016). Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPS Di SD (Penelitian Tindakan Kelas di Terapkan di Kelas III SD Cibiru IX Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung). Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2).

Winoto, Y. C., Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 4(2), 228-238.

Yamin, M. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yaumi, M. (2012). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Dian Rakyat.

Zulfanidar, Syafrina, A., Yamin, M. (2016). Keterampilan Guru Membimbing Diskusi Kelompok Kecil di SD Negeri Garot Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 1(1), 175-184.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Sa’diyah, H. ., Islamiah, R. ., & Fajari, L. E. W. . (2022). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK: LITERATURE REVIEW. Journal of Professional Elementary Education, 1(2), 148–157. https://doi.org/10.46306/jpee.v1i2.19