PERAN MODEL TEAM GAMES FOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD SISWA KELAS III SD

Authors

  • Wulan Sutriyani Universitas Nahdlatul Ulama
  • Shella Novia Universitas Nahdlatul Ulama
  • Diah Erviani Sabila Universitas Nahdlatul Ulama

DOI:

https://doi.org/10.46306/jpee.v3i1.68

Keywords:

Pendidikan, Matematika,TGT, Sekolah Dasar, Education, Mathematics, TGT, Elementary School

Abstract

This study aims to determine the improvement of elementary mathematics learning outcomes after the implementation of the Teams Games Tournament (TGT) type of cooperative learning model for third grade students at SD Negeri 6 Ngabul Jepara. This research leads to the literature study method with interview, observation and documentation data collection techniques. The results showed that the application of the Teams Games Tournament (TGT) learning model was very influential in improving student learning outcomes, especially in mathematics in elementary school

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sutriani, Wulan. 2020. Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa PGSD Era Pandemi Covid-19. Jurnal Tunas Nusantara. 2 (1).

Cahyaningsih, Ujiati. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Cakrawala Pendas. 3 (1). 2-5.

Erfiyana, Maya. Dkk. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dengan Media Roda Pecahan Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Pecahan. Jurnal For Lesson And Learning Studies. 2 (2). 259-264.

Hanifah. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Tematik Ditinjau Dari Motivasi Siswa Kelas III Di SD 42 Kecamatan Alam Barajo Jambi. Artikel. Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang. Padang.

Mochammad R.G. 2017. Keefektifan Model Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Gugus Ahmad Yani Kabupaten Jepara. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang (UNNES). Semarang.

Rahayu, Rian Sri. 2018. Studi Literatur: Peranan Bahasa Inggris untuk Tujuan Bisnis dan Pemasaran. Jurnal Pemasaran. 1(4). 152-153.

Kartiningrum, Eka Diah. 2015. Panduan Menyusun Studi Literatur. Mojokerto: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapait.

Rahayuni, N.L. Dkk. 2020. Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IV SD. Jurnal Adat dan Budaya. 2 (1).

Adiputra, Dede Kurnia dan Yadi Heryadi. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD. V (2).

Maulidina, Zakiyatu. Dkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media TTS Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal JPSD. 4 (2).

Farihati, Lulu. Dkk. 2016. Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Muatan dalam Peningkatan Pembelajaran Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Adikarso Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Kalam Cendekia. 5 (3).

Raehanah. Dkk. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan Media Kokami untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Jurusan PGMI. 10 (1).

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Sutriyani, W. ., Novia, S. ., & Sabila, D. E. . (2024). PERAN MODEL TEAM GAMES FOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD SISWA KELAS III SD. Journal of Professional Elementary Education, 3(1), 107–111. https://doi.org/10.46306/jpee.v3i1.68